Coban Kalibiru

Coban Kalibiru
 
Kawasan Nongkojajar Pasuruan dikenal memiliki aneka pesona yang sangat menarik, ragam keunikan wisata alam dan dipadu dengan kearifan lokal. Kekayaan Sumber daya alam terutama hasil bumi yang melimpah, menjadikan alasan Nongkojajar sebagai kawasan tujuan wisata yang layak dipertimbangkan. Salah satu obyek wisata yang kami ulas kali ini adalah adalah coban Kalibiru. 

Suprayitno budayawan dan guide lokal
kawasan wisata Nongkojajar
Sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter, dipadu debit air yang cukup tinggi, udara yang sejuk dan panorama alam disekelilingnya yang mempesona serta hamparan rumput di tanah lapang disekitarnya menyajikan pemandangan istimewa yang memanjakan kita tanpa terhalang tatkala menikmati air terjun yang mempesona ini. 

Kendati perjalanan menuju air terjun ini memang terbilang sulit, karena harus melewati rute terjal menyisir lereng dan jurang. Namun bagi pecinta petualangan atau olah raga ekstrim, hal ini justru bisa dijadikan salah satu catatan sebagai pilihan tujuan perjalanannya.

Track terjal dan licin menuju lokasi air memang sedikit berbahaya, disarankan bagi pengunjung setidaknya mempunyai bekal pengetahuan dan kemampuan dalam trekking alam bebas. Dan tentu saja tetap berhati-hati demi keselamatan diri sendiri.

Catatan : Kesadaran akan pentingnya keindahan dan kelestarian alam adalah partisipasi penting dalam mewujudkan pariwisata yang berkelas. Sebagai saran berwisatalah dengan bijak, jagalah selalu kebersihan lingkungan, jagalah air kita, buanglah sampah pada tempatnya, jangan merusak fasilitas umum dan janganlah mencorat coret selain di buku dan di papan tulis. dengan begitu anda telah berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan obyek wisata agar bisa selalu kita nikmati bersama.


1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Coban Kalibiru ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus