Bangil Legenda Bordir

Bangil adalah sebuah kota kecil yang menjadi jalur lintas propinsi Surabaya - Banyuwangi, kota ini memiliki banyak ragam cerita dan sejarah serta produk-produk unggulan berkelas yang sudah menjadi legenda, mulai bunga sedap malam yang sudah yang dipasarkan sampai keluar pulau, buah mangga berkualitas super serta Kerajinan perhiasan emas- perak dan logam mulia lainnya yang sudah sampai ke luar negeri, selain itu juga ada kerajinan bordir Bangil yang sudah melegenda sehingga menjadikan Bangil disebut dengan kota bordir.

Bangil Kota Bordir adalah sebutan kota Bangil setelah dinobatkan bersamaan dengan penghargaan yang diberikan oleh MURI dalam kategori Kain bordir terpanjang, kain sepanjang 1KM  tersebut digelar dalam acara fashion on the street pada 11 maret 2005. Bangil memang dikenal dengan banyaknya pengrajin kain bordir mulai yang dari home industri kecil sampai yang bertaraf internasional, kain bordir hasil produksi dari pengrajin bordir Bangil ini dipasarkan sampai keluar daerah, seperti Surabaya, Malang, Bahkan sampai ke negeri manca seperti Arab Saudi dan beberapa negara sekitarnya.

Awalnya hasil karya pengrajin bordir di Bangil ini secara turun temurun hanya berupa kain yang digunakan untuk mukenah, kemudian berkembang untuk kebutuhan fashion yang lebih luas seperti baju, sepatu, tas, peci, dan sebagainya, yang secara kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Kerajinan bordir di Bangil ini sudah menghidupi banyak keluarga sampai kepelosok desa yang termasuk pengrajin rumahan. Dalam perjalanannya kerajinan bordir Bangil ini sempat mengalami pasang surut tapi kemudian perkembangannya sangat pesat bahkan sekarang tidak sedikit para negarawan, artis dan orang-orang terkenal sudah menggunakan produk dari pengrajin bordir Bangil.


Produk hasil dari para pengerajin bordir bangil ini tidak sulit kita temui di sudut-sudut kota bangil, tidak hanya di kawasan pertokoan bahkan sampai di perkampungan kita akan melihat toko-toko atau galeri rumahan yang menggelar dagangan berupa produk bordir mulai dari yang mudah sampai yang harganya jutaan rupiah.



Kalau kita ingin melihat lebih dekat pengrajin-pengrajin bordir di Bangil ini itu bukanlah hal yang sulit, hampir disetiap kampung mulai dari pusat kota sampai kepelosok-pelosok desa akan mudah kita temui, kalau beruntung kita bisa melihat dari dekat proses produksi kerajinan bordir ini baik yang manual maupun yang sudah modern menggunakan mesin dengan kontrol komputer. Memang tidak banyak pengrajin bordir Bangil yang sudah menggunakan mesin bordir komputer, hanya beberapa pengrajin kelas menengah dan besar yang memiliki mesin tersebut. zq/)


1 komentar: