AIR TERJUN WONOSARI


Selain terkenal dengan udara yang sejuk, daerah Nongkojajar juga memiliki banyak ragam kekayaan sumber daya alam yang menarik untuk disinggahi. Salah satunya adalah produksi susu yang cukup melimpah, bahkan mampu menjadi komoditi yang melayani suplai bahan baku industri susu terkenal.

Begitu pula dengan kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Nongkojajar. Salah satu daerah di Kabupaten Pasuruan ini senantiasa menyajikan keramahan tamahan sehingga cukup layak dikunjungi sebagai sebuah destinasi wisata.
 
Didukung juga dengan panorama dan obyek-obyek alam yang indah, Nongkojajar sebenarnya mampu menjadi magnet wisata alam yang berpotensi menarik kunjungan turis. Salah satu destinasi alam itu adalah Air Terjun Wonosari. Nama Wonosari diambil karena Air Terjun ini terdapat di daerah Wonosari, sebuah desa di wilayah Nongkojajar yang akan kita lewati ketika menuju ke Gunung Bromo.


Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena di bagian bawahnya yang dipenuhi oleh gemuruh jatuhnya air, terdapat sisa-sisa bangunan kuno peninggalan belanda. Konon menurut warga sekitar, disini dulu digunakan sebagai pembangkit listrik dan pusat suplai air untuk sebuah hotel pada jaman belanda.


Dengan ketinggian sekitar 30 meter, debit air yang cukup banyak, dan juga area pandang yang cukup luas. Tempat ini menjanjikan kenyamanan bagi mata kita untuk menikmati keindahannya. Namun sayang, di titik-titik tertentu masih ada saja sampah yang berceceran. Kendati kondisinya belum sampai parah, namun keberadaan sampah-sampah itu cukup mengganggu. Andaikata kebersihan air terjun ini tetap dijaga, mungkin akan terlihat lebih nyaman dan sempurna untuk dinikmati kecantikannya.

Catatan : Kesadaran akan pentingnya keindahan dan kelestarian alam adalah partisipasi penting dalam mewujudkan pariwisata yang berkelas. Sebagai saran berwisatalah dengan bijak, jagalah selalu kebersihan lingkungan, jagalah air kita, buanglah sampah pada tempatnya, jangan merusak fasilitas umum dan janganlah mencorat coret selain di buku dan di papan tulis. dengan begitu anda telah berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan obyek wisata agar bisa selalu kita nikmati bersama.



1 komentar:

  1. Gambarnya kurang banyak.... masih penasaran dengan panorama air terjunnya... :D

    BalasHapus