Malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2012



Pengunjung yang membludak tidak mengurangi antusias teman-teman Pastic untuk menyeruak mencari tempat duduk diposisi terdepan. Pada malam akhir pekan kali ini (8/12/2012) kami berkesempatan menjadi saksi Penganugerahan Predikat Wisata-wisata terbaik di jawa Timur tahun 2012, yang kebetulan bertempat di Taman Candra Wilwatikta Pandaan.

Bersama beberapa teman dari Paguyuban Duta Wisata Cak Yuk Kabupaten Pasuruan, kami berbaur memadati baris demi baris tempat duduk yang dipenuhi tidak kurang dari seribuan pengunjung. Apresiasi warga Pasuruan dan khususnya Pandaan pada acara-acara semacam ini layak diacungi jempol, Taman Candra Wilwatikta penuh sesak oleh warga berbagai kalangan dan usia.

Dibuka sambutan dari Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, nominasi destinasi wisata 2012 pun mulai ditampilkan di layar lebar didepan panggung. Penonton antusias menyimak, apalagi tatkala Kebun Raya Purwodadi Pasuruan masuk dalam nominasi Wisata Alam Terbaik, sontak para penonton tuan rumah menyambutnya dengan tepuk tangan riuh rendah. Kendati pada akhirnya pantai pelang Trenggalek yang menyabet nominasi bergengsi tersebut.

Selain itu, ada pula nominasi untuk wisata Budaya Terbaik, dan Wisata Buatan Terbaik. Serta penghargaan untuk Pemkab dan Seniman yang dianggap memiliki komitmen dan kepedulian tinggi untuk pengembangan kegiatan wisata dan seni di daerahnya masing-masing.

Puncak acara adalah pagelaran Sendratari Kolosal yang mengisahkan berdirinya kerajaan Majapahit, salah satu Kerajaan besar di Nusantara yang pemerintahannya berpusat di Jawa Timur. Dibawakan oleh ratusan penari dengan kostum dan latar panggung yang menarik, cukup mendapat apresiasi dari pengunjung yang memadati Taman Candra Wilwatikta Pandaan.
 
Permainan lighting yang istimewa, serta backsound yang apik, berpadu dengan kedinamisan gerak serta alur cerita Sendratari. Para penonton tersihir seolah terbawa pada masa ekspansi Tentara Tar-tar Mongol, diawal berdirinya Majapahit beberapa abad silam. Begitu acara berakhir, gelegar pesta kembang api yang tak kalah spektakuler menyadarkan lamunan penonton. Dan Malam Anugerah Wisata jawa Timur, yang digelar di Taman Candra Wilwatikta Pandaan – Pasuruan itupun kembali ditutup dengan applaus tanpa henti dari para pengunjung.


Posting Komentar