Tretes Nan Romantis


Kawasan Tretes adalah sebuah wilayah di Kabupaten Pasuruan terletak di kaki Rangkaian Gunung Arjuno-Wlirang, dengan udara yang sejuk, banyaknya alternatif obyek wisata serta fasilitas yang memadai yang terdapat di Tretes tentunya tretes sangat ideal menjadi salah satu tujuan wisata keluarga.Kawasan Tretes telah ditetapkan sebagai kawasan wisata sejak tahun 1975, dasar Penetapan dan Luas Kawasan Tretes ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Tretes dengan SK. Menteri Pertanian No.425/Kpts/Um/10/1975, tanggal 23 Okteber 1975, seluas 10 Ha.

Tipe ekosistem Kawasan wisata tertes adalah hutan tropis dataran rendah, memiliki Flora diantaranya, Kaliandra (Caliandra sp), Sengon (Albizia Facata) dan pinus (pinus merkusii), dan Fauna yang ada diantaranya rusa (cervus timorencis), kijang (muntiacus muntjak), kera (macaca fascicularis) dan tekukur (streptopelia sp). ada jenis yang lain seperti babi hutan, bangsa burung dan juga yang lainnya.Semarak bunga Kaliandra (Caliandra sp) membuat kawasan Wisata Tretes menjadi lebih khas dan unik. Di samping melihat Breeding rusa yang khas.Untuk melihat rusa, perlu dipanggil dengan suara rusa, sehingga rusa tersebut datang mendekat.

Kawasan wisata Tretes yang selalu ramai dikunjungi terlebih saat akhir pekan memiliki panorama yang menarik, udara sejuk dan hijaunya hutan menjadi pemandangan yang sangat akrab kita jumpai, dan ketika memasuki malam hari kita akan dimanjakan dengan gemerlap lampu dari dataran yang lebih rendah seperti Pandaan, Bangil, Gempol, Sukorejo dan sekitarnya yang menambah suasana romantis.

Potensi Wisata yang ada disana sangat beragam mulai dari Air terjun, Gunung, Hutan, sampai Kawasan Kuliner, terlebih fasilitas seperti karaoke, cafe, juga penginapan dari yang sederhana murah meriah sampai yang exclusive seperti vila dan Hotel mewah banyak dijumpai kawasan Tretes, tergantung dari kebutuhan kita untuk memilih dimana kita akan menginap atau menyesuaikan budget perjalanan sesuai dengan kemampuan kita, karena berwisata tidak perlu mahal tapi yang terpenting berkesan.

selama perjalanan menuju ke kawasan tretespun kita akan dimanjakan dengan obyek-obyek menarik lainnya, seperti halnya masjid Muhammad Cheng Ho Pandaan beserta kawasan pusat oleh-oleh dan pasar buahnya, ada situs bersejarah yang pernah menjadi saksi kebesaran pasuruan dimata dunia yaitu taman chandra wilwatikta, juga situs bersejarah yang menjadi simbol kebesaran Raja Airlangga yaitu Candi Jawi bisa kita kunjungi juga.

beberapa obyek yang terdapat di kawasan tretes memang ada yang membutuhkan sedikit kemampuan lebih, perjuangan, dan kesabaran untuk mencapai lokasi, tapi ada juga yang tergolong ringan untuk di akses.

obyek wisata yang menjadi favorit pengunjung di kawasan tretes adalah :


Jika kita berkunjung ke Kawasan tretes ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum menuju dan keluar dari kawasan tretes hanya sampai jam 7 malam, alternatifnya adalah menggunakan jasa ojek tepi tentunya kita harus merogoh kantong lebih dalam. zakk/)

__________________________________________________________________________________
Data diambil dari berbagai sumber
Koordinat : 7°41'51"S 112°37'41"E


Posting Komentar