Harumnya Bunga Sedap Malam



Suatu hari seorang kenalan bertanya kepada saya, kebetulan profesinya adalah sebagai sales sebuah produk yang kerapkali keluar masuk kantor menawarkan produknya, baik itu kantor swasta maupun kantor pemerintah. Dia sedikit terheran dan bertanya, mengapa beberapa kantor pemerintah di Pasuruan, memasang hiasan Bunga Sedap Malam di ruang tamu kantornya.

Gara-gara pertanyaan sederhana itulah, mendadak saya sadar bahwa sebenarnya Bunga Sedap Malam adalah salah satu produk unggulan di Kabupaten Pasuruan. Bunga berkelopak putih dengan nama latin Polianthes Tuberosa atau juga dikenal dengan sebutan Bunga Sundal (Sundel – lokal), memang kerap menjadi penghias sekaligus pengharum ruangan alami di beberapa kantor pemerintah di Kabupaten Pasuruan.


Bunga yang diperkirakan berasal dari Meksiko ini, banyak tumbuh di Kecamatan Rembang dan Kecamatan Bangil. Mengingat kontur dan jenis tanah yang memang sesuai, anda bisa menemukan begitu banyak lahan-lahan pertanian yang dipenuhi oleh batang-batang tanaman yang juga menjadi Flora Identitas Propinsi Jawa Timur ini.
Bunga Sedap Malam tumbuh berbentuk batangan, dengan rumpun bunga berkelopak warna putih kecil. Daun-daunnya berwarna hijau dengan bentuk tipis memanjang, yang tumbuh di sekitar area pangkal batangnya. Saat dipanen, biasanya dipotong langsung dari pangkal batangnya, atau juga sekedar memetik satu demi satu masing-masing bunga.

Bunga hasil panen baik berupa batangan atau berupa rumpun itu, sering digunakan sebagai Bunga Hias, sebagai Bunga Rangkai untuk acara2 pernikahan, untuk Bunga pengharum ruangan, bahkan juga sebagai bunga pelengkap untuk ziarah kubur. Karena itu jangan heran jika pada hari-hari pasaran tertentu, anda akan temui banyak pedagang Bunga Sedap Malam memenuhi sudut-sudut pasar tradisional di daerah Pasuruan.

Selain dikenal sebagai bunga penghasil parfum, kelebihan Bunga Sedap Malam adalah daya tahan keawetannya yang lebih unggul dibanding beberapa jenis bunga lain. Meski sudah dipotong, batangan bunga yg ditaruh dalam vas berisi air, bisa bertahan lebih dari satu minggu, serta bau harumnya tetap tidak berkurang./zoer.)


Posting Komentar