Kupang Kraton

Berbicara tentang kuliner bercitarasa lokal, warga Jawa Timur mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai olahan makanan yang menggunakan bahan dasar petis. Mulai rujak, lontong balap, lontong lodeh, hingga kupang lontong. Khusus jenis makanan yang terakhir ini, warga Pasuruan dan sekitarnya bisa menemui Kupang Lontong ala Kraton yang sudah cukup terkenal.

Dari berbagai warung dan depot yang menyajikan menu Kupang Lontong khas Kraton, salah satu lokasi paling sering jadi jujugan adalah sentra Kupang Lontong di sebelah utara Jalan Raya Kraton. Tepatnya disekitar pertigaan lampu merah Kraton. Disini istilah Kupang Lontong lebih didominasi oleh tulisan “Kupang Kraton” yang dicetak dengan huruf-huruf besar pada papan nama berbagai Depot disana.

Kata “Kupang” identik dengan hewan laut sejenis kerang atau juga sebagian menyebut siput laut, berukuran sebesar kacang kedelai dan bercangkang tipis. Kumpulan hewan inilah yang menjadi bahan dasar olahan Kupang, dipisahkan dari cangkangnya lantas direbus hingga matang. Kuliner Kupang Lontong sudah sangat populer bagi warga Jawa Timur, khususnya disekitar Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan.

Seporsi Kupang Kraton disajikan dengan bumbu meliputi gula, cabe, sedikit petis dan kucuran air jeruk nipis. Bagi yang suka pedas, bisa mengambil cabai secukupnya. Setelah semuanya dicampur diatas piring, beberapa potong lontong ditambahkan diatasnya. Terakhir disiram dengan rebusan kupang dan kuah panas yang baunya sungguh menggoda selera.

Sebelum memulai menyantap sepiring kupang Kraton, ada baiknya ditemani dengan Lentho dan Sate Kerang. Lentho adalah gorengan dari parutan ketela pohon, atau ada juga yang dicampur dengan butiran kacang beras. Sedangkan sate kerang adalah biji-biji kerang kaya bumbu yang dirangkai jadi satu ditusuk batangan lidi. Kedua macam makanan ini seolah menjadi “sobat karib” yang selalu menemani seporsi Kupang Kraton.

Dengan taburan bawang goreng diatasnya, sensasi rasa kupang Kraton serasa makin istimewa. Gurih khas rasa kupang, berpadu dengan rasa manis, asin dan asem, mengiring rasa pedas dari cabe yang dicampur didalam bumbunya. Apalagi jika dinikmati di siang hari yang terik dan diakhiri oleh segelas es kelapa muda. Pasti membuat anda semakin ketagihan.

Memang sebagian besar depot Kupang Lontong senantiasa menyediakan menu Es Kelapa Muda. bukan tanpa alasan, karena memang es Kelapa Muda adalah penawar mujarab bagi para konsumen yang tidak tahan atau alergi dengan olahan Kupang. Jadi, jangan sungkan untuk memesan Es Kelapa Muda, bagi anda yang pengen dan baru pertama kali menjajal Kupang Kraton.


Posting Komentar