NIKMATNYA SEGO SAMBELAN

-->
“sego sambelan mas…!”, tanya ibu penjual di sudut gang itu.

“iya buk, sego sambelan komplet”, jawab lelaki setengah baya yang tampak asyik menikmati rokoknya, disela mengantri di warung kecil yang berjubel dipadati para pembeli.

Sego Sambelan
Bagi sebagian warga kota bangil,tentu tidak asing lagi dengan menu Sego Sambelan. Anda bisa menemukan banyak warung yang menyediakan sego sambelan disini, terutama di kampung wilayah Selatan alun-alun Bangil, seperti kampung Mendalan dan Pandean. Walau ragam sajiannya berbeda tiap tempat, namun Sego Sambelan kota Bangil demikian khas dan kerap menjadi buruan para pecinta kuliner lokal.

Sego Sambelan di daerah Mendalan, Kelurahan Kolursari – Bangil misalnya. Konon menu kuliner ini telah eksis semenjak puluhan tahun silam. Dari yang dulunya ditemui banyak penjual sego sambelan, hingga saat ini tersisa dua penjual yang masih bertahan. Tentunya dengan menu dan sajian yang masih tetap seperti dulu.

Dalam seporsi sego sambelan, anda akan menemukan banyak ragam lauk dan sayuran. Mulai dari lauk tempe dimasak orem-orem (demikian warga sini menyebutnya), tempe mendol, ikan asin, hingga tahu bali. Sayurnya berupa olahan daun singkong diurap bersama parutan kelapa, kadangkala dicampur pula dengan kecambah. Dan yang paling istimewa tentu sambalnya. Selain sambal merah diuleg seperti biasanya. Ada sambal racik dengan rajangan kacang panjang yang mantab, pula diberi sedikit perasa dari kulit jeruk. Benar-benar istimewa, bahkan belum mencoba mencicip pun tampilan sudah cukup meyakinkan, inilah sego sambelan khas bangil dengan sambel sebenar-benarnya.



Disajikan dengan nasi yang hangat-hangat panas, anda bakal terlena dengan kelembutan tekstur tempe orem-orem. Tempe dimasak dengan bumbu santan, dengan rasa paduan manis, asin, gurih, tanpa meninggalkan “bau’ khas tempe. Belum lagi mencoba menikmati urap-urap daun singkong yang rasanya demikian sempurna kala ditemani renyahnya ikan asin. Sebuah pasangan yang serasi untuk menemani kehangatan nasi. Tempe mendol (tempe menjeng) juga tak kalah nikmat, sebelum digoreng tentunya tempe ini dilumatkan bersama dengan bumbu-bumbu, lantas dicetak bulat-bulat lonjong seukuran kelereng.

Namun sesuai dengan namanya, kekuatan sego sambelan ya ada di sambelnya. Rajangan kacang panjang yang dicampur sambal itu benar-benar membuat saya tak henti mengunyah, apalagi sedikit-demi sedikit terasa aroma potongan kulit jeruk yang memberi citarasa sedikit berbeda. Benar-benar membikin ketagihan pastinya.

Singkat kata, memang keunikan dan kelezatan menu Sego Sambelan kota Bangil merupakan salah satu warisan kuliner puluhan tahun lalu. Kendati nyaris tergilas jaman, dan saat ini hanya dijual di sudut-sudut gang yang sempit dan sulit dijangkau. Namun orisinalitas dan kekuatan rasanya masih mampu membius para penggemarnya. Selamat mencoba kenikmatan Sego sambelan…! Dan jangan lupa, Budayakan Antri…!zoer/p@stic)


1 komentar: