TARI TERBANG RUDAT

Para penari Terbang Rudat
Istilah rudat Secara etimologis rinciannya belum ditemukan secara jelas. Tapi menurut sumber-sumber mengenai rudat, istilah ini bisa berasal dari bahasa Arab "rudatun" yang artinya "Taman Bunga". Dalam penjelasan lain dikatakan bahwa rudat adalah sejenis kesenian tradisional yang semula tumbuh dan berkembang di lingkungan pesantren. Seni rudat merupakan seni gerak dan vokal di iringi tabuhan ritmis dari waditra sejenis terbang. Syair-syair yang terkandung dalam nyanyiannya bernafaskan kegamaan, yaitu puja-puji yang mengagungkan Allah, Shalawat dan Rosul. Tujuannya adalah untuk menebalkan iman masyarakat terhadap agama Islam dan kebesaran Allah. Sehingga manusia bisa bermoral tinggi berlandasan agama Islam dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian, seni rudat adalah panduan seni gerak dan vokal yang diiringi musik terbangan (Rebana) di mana di dalamnya terdaapat unsur keagamaan, senitari dan seni suara

TARI TERBANG RUDAT merupakan salah satu kesenian daerah di Jawa Timur. Tari ini merupakan kesenian berkarakter agama Islam yang dibawakan oleh para penari, vokalis dan pemain musik Rudat, dimana kolaborasi mereka harus tidak ada ketimpangan antara tarian, vokal dan musik, agar terlihat  selaras. Lirik lagu yang dibawakan kesenian yang diiringi dengan musik terbang ini berisi lagu sanjungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesenian ini berkembang di daerah Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Dalam menyajikan kesenian rudat penari menggunakan kostum seragam yang menandakan bahwa mereka harus hidup rukun dengan tetangga, Alat musik utama yang digunkan dalam seni rudat adalah terbang (rebana) dikolaborasikan dengan beberapa jenis alat musik yang lain, diantaranya: Gedong, Bibit, Mapat Telu, Kemcang, Kempul Kembar, Nganak,  Kempul yaitu alat musik yang digunakan dalam seni rudat minimal berjumlah delapan buah, apabila jumlah alat musik yang di gunakan kurang dari delapan musiknya akan terdengar timpang. Jika alat musik yang digunakan lebih dari delapan musik akan tetap terdengar harmonis.


Posting Komentar