SKI LOT



Atraksi ski lot, yakni bermain ski di atas lumpur, masih menjadi daya tarik acara tradisi Lebaran Ketupat (kupatan) di Pantai Lekok, Pasuruan, Jawa Timur.

Tradisi kupatan di Pantai Lekok yang kini dikemas dengan sebutan Pesta Pesona Bahari itu menyajikan atraksi ski lot, serta lomba perahu hias yang diikuti sejumlah perahu milik nelayan setempat, atraksi ski lot yang kini telah menjadi agenda rutin setiap tahun, awalnya juga hanya sekadar bentuk permainan di sela-sela para nelayan mencari kerang.

Ski lot merupakan daya tarik unik karena peserta harus menangkap kepiting, ikan lele dan belut dengan berselancar di lumpur. Tidak hanya pria, tetapi juga wanita mengikuti kompetisi. Orang-orang yang hadir untuk menyaksikan selalu bersorak sangat ramai untuk memberikan dukungan mereka yang bermain untuk bersaing mengejar kemenangan. Ini adalah bagian menarik dari atraksi ini.

Para nelayan awalnya hanya sekadar berlomba-lomba di tepi pantai. Namun kini ski lot telah menjadi paket hiburan yang bisa disaksikan bagi para pengunjung dengan nyaman, karena arenanya bukan lagi berada di tepi pantai yang becek.

Ski Lot disaksikan bayak pengunjung dari berbagai daerah

Sedangkan lomba perahu hias juga bukan semata lomba untuk mencari juara, melainkan dilakukan sebagai rasa terima kasih para juragan kapal terhadap para pandeganya (buruhnya), yakni sebagai sarana untuk membagi-bagi hadiah.

Lebaran ketupat bagi warga nelayan di Pantai Lekok merupakan hari istimewa, yakni mereka yang sebagian besar nelayan libur total, tidak mencari ikan ke laut. Mereka bersuka cita merayakan hari lebaran dengan menggunakan pakaian baru, dan saling bersilaturahim ke sanak saudara dan tetangga.

Kita hanya bisa menyaksikan objek wisata unik ini di Kecamatan Lekok Pasuruan dan mengambil gambar dokumentasi untuk mengabadikannya. Atraksi ini diselenggarakan setahun sekali dan dikunjungi oleh banyak orang, wisatawan domestik dan maupun asing.

________________________________________________________________
Data diambil dari berbagai sumber


Posting Komentar