Air Terjun Rambut Moyo


Lokasi Air Terjun Rambut Moyo terletak di Desa Pelangsari, Kec. Puspo, sekitar 45 menit dari Nongkojajar. Sebaiknya untuk mencapai air terjun ini kita menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum hanya ada sampai Nongkojajar. Tapi mungkin bisa juga dilanjutkan dengan naik ojek.

Pintu masuk air terjun Rambut Moyo tampak terbengkalai dan tak nampak ada yang bertugas menjaga,  Anda hanya perlu bersikap ramah pada penduduk sekitar, hal ini akan sangat membantu anda untuk memperoleh tempat parkir kendaraan sekaligus bertanya mengenai asal-usul atau informasi pendukung lain mengenai situs Rambut Moyo, dengan alasan karena disana anda tidak akan menemukan satupun pemandu wisata atau Tour Guide.

berlatih berjalan jauh beberapa hari sebelum berangkat akan menambah stamina anda karena bagi anda yang jarang berolah raga akan menimbulkan rasa pegal dan sakit pada kaki khususnya betis. air terjun bisa dicapai ± 1 jam apabila kita berjalan santai. Perjalanan menuju air terjun jalurnya jelas dan menyenangkan. Selain jalannya tidak terjal, pemandangannya indah.

______________________________________________________________________
Saat melewati pintu gerbang kita berhadapan dengan rindangnya hutan pinus. Tak jauh berjalan, di kejauhan sudah terlihat lokasi air terjunnya. Kita akan tergoda untuk duduk-duduk dulu sambil menikmati semilir angin dan udara yang sejuk, agar lebih menyenangkan anda dapat membawa makanan ringan dan minuman,. Satu pesan dari kami, keep save aur nature jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan - buanglah sampah pada tempatnya - Dilarang berburu hewan.
______________________________________________________________________

Terdapat dua level dalam satu aliran air terjun, pertama bagian atas terlihat pendek, kedua bagian bawah yang terlihat tinggi.

Begitu tinggi bukit seolah air berhamburan membentuk titik-titik air hujan, dengan demikian selalu dalam suasana hujan rintik-rintik,. Mata kamera anda akan cepat basah dan anda akan sering membersihkan mata kamera untuk menghindari Blur.

Saat benar-benar tiba di air terjun, kita semua akan langsung terpesona. Ternyata pemandangannya sangat menawan. Sesuai dengan namanya, aliran air terjun ini mirip rambut, tipis namun tersebar banyak. Airnya terlihat jernih. Disekelilingnya pemandangan serba hijau. Di bebatuan yang dilewati aliran air terjun banyak ditumbuhi lumut tebal berwarna hijau. Banyak batu-batu besar berserakan disekitarnya. Yang paling menarik, kita bisa melihat pelangi diantara percikan air terjun. Indah sekali.
___________________________________________________________________________
Hempasan air yang pecah saat menerpa bebatuan, suasana yang teduh, udara sejuk, terpaan angin yang kadang membawa butiran halus percikan air terjun, membuat perasaan terasa sangat damai. Kita akan terlena dan tak ingin pulang.
___________________________________________________________________________

Catatan : Kesadaran akan pentingnya keindahan dan kelestarian alam adalah partisipasi penting dalam mewujudkan pariwisata yang berkelas. Sebagai saran berwisatalah dengan bijak, jagalah selalu kebersihan lingkungan, jagalah air kita, buanglah sampah pada tempatnya, jangan merusak fasilitas umum dan janganlah mencorat coret selain di buku dan di papan tulis. dengan begitu anda telah berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan obyek wisata agar bisa selalu kita nikmati bersama. zq/p@stic)

*) data diambil dari berbagai sumber


1 komentar:

  1. saya dulu waktu pramuka sering kesana.penasaran gimana keadaannya skrg

    BalasHapus