Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun Kakek Bodo berada pada ketinggian 850 mdpl, di area wisata Tretes-prigen. Air terjun Kakek Bodo ini bisa ditempuh dari Surabaya dengan jarak kurang lebih 51 km ke selatan (arah Malang) Atau dari Malang dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 70km arah sebaliknya. dari bus jurusan Surabaya Malang, kita bisa turun di terminal Pandaan dan ganti angkutan menuju Tretes. Kendaraan yang menuju kawasan wisata Tretes ini bertarif Rp.6.000,- per orang. Turun persis di depan gerbang masuk kawasan wana wisata kakek bodo.

di Dekat terminal Pandaan juga terdapat obyek menarik yang bisa kita kunjungi seperti Masjid Muhammad Cheng hoo dan Pasar buah untuk sekedar membeli oleh-oleh berupa hasil pertanian organik untuk keluarga di rumah. selama perjalanan juga akan dilewati beberapa obyek lain seperti Candi Jawi dan kawasan air terjun yang lain yaitu air terjun Putuk Truno juga Taman Chandra Wilwatikta salah satu tempat konservasi dan BKSDA yang diresmikan mantan Presiden RI ke -2 H.M Soeharto (Alm) pada 31 Agustus 1971 silam.

Bagi yang suka berpetualang, wana wisata Kakek Bodo akan memberi beragam pesona alam yang cukup menarik. Bahkan jalur yang ditempuh dengan jejak kaki pun bervariasi, yang dapat dipilih sebagai kegiatan lintas hutan. Banyak hal menarik yang dapat dinikmati di sepanjang jalur menuju Air terjun.

Dikawasan ini selain Air terjun ada beberapa obyek yang bisa di singgahi diantranya kolam renang, area camp ground serta tempat ziarah (Makam Kakek Bodo).

Menurut cerita dari salah satu orang tua dikawasan ini sebut saja Pak Latief yang umurnya sudah lebih dari setengah abad ini, yang telah bertahun-tahun berprofesi sebagai tukang parkir di tempat ini mengatakan "Di beri nama Kakek Bodo karena terdapat makam seorang kakek yang di sebut dengan kakek yang bodoh (bodo). Makam Kakek Bodo terletak di tengah areal Wana Wisata Air Terjun Kakek Bodo."

tentang cerita kakek bodo ini singkatnya banyak yang mempercayai kalau beliau adalah seorang kakek yang menjadi pramuwisma di sebuah keluarga belanda, beliau juga dikenal jujur dan taat beribadah, juga suka membantu orang lain. menurut cerita beliau meninggalkan kemewahan dan gemerlap duniawi yang diberikan keluarga belanda tersebut untuk bertapa, karena itulah beliau disebut Kakek Bodo.

Namun dari pertapaanya itu beliau mendapatkan kelebihan, kesaktian yang digunakannya untuk membantu masyarakat disekitarnya, beliau meninggal di pertapaanya dan dimakamkan tak jauh dari lokasi air terjun. karena itu ir terjun ini disebut Air Terjun Kakek Bodo.

Catatan : Kesadaran akan pentingnya keindahan dan kelestarian alam adalah partisipasi penting dalam mewujudkan pariwisata yang berkelas. Sebagai saran berwisatalah dengan bijak, jagalah selalu kebersihan lingkungan, jagalah air kita, buanglah sampah pada tempatnya, jangan merusak fasilitas umum dan janganlah mencorat coret selain di buku dan di papan tulis. dengan begitu anda telah berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan obyek wisata agar bisa selalu kita nikmati bersama.
zq/p@stic)
_______________________________________________________________ 
data diambil dari berbagai sumber

koordinat : 7°41'51"S   112°37'41"E
Lokasi     : Air Terjun Kakek Bodo Tretes - Prigen - Kabupaten Pasuruan - Jawa Timur
Tiket Masuk : Rp. 4.100,- (Empat ribu seratus Rupiah termasuk asuransi)
 


Poskan Komentar